1. entityID
# Fungsi : Mengambil ID unik dari sebuah entitas
# entityID ini pada setiap pemodelan selalu berubah & tidak tetap
# Contoh:
panjang = 100
lebar = 200
mod = Sketchup.active_model
ent = model.active_entities
pts = []
pts[0] = [0, 0, 0]
pts[1] = [panjang, 0, 0]
pts[2] = [panjang, lebar, 0]
pts[3] = [0, lebar, 0]
# menambah face pada entity di sebuah model
face = ent.add_face pts
entitas1 = ent[1]
NomorID = entitas1.entityID
UI.messagebox "Nomor ID unik dari entitas1 adalah : #{NomorID}"
panjang = 100
lebar = 100
mod = Sketchup.active_model
ent = mod.active_entities
pts = []
pts[0] = [0, 0, 0]
pts[1] = [panjang, 0, 0]
pts[2] = [panjang, lebar, 0]
pts[3] = [0, lebar, 0]
# menambah face pada entitas
face = entities.add_face pts
ent_garis = entities[1].to_s #entitas berupa garis
ent_face = entities[4].to_s #entitas berupa face
UI.messagebox "String garis = #{ent_garis}\n String face = #{ent_face} "
# Fungsi : Menetukan/menghitung jumlah entitas face yang dipilih# Contoh:
panjang = 100
lebar = 200
mod = Sketchup.active_model
ent = model.active_entities
pts = []
pts[0] = [0, 0, 0]
pts[1] = [panjang, 0, 0]
pts[2] = [panjang, lebar, 0]
pts[3] = [0, lebar, 0]
# menambah face pada entity di sebuah model
face = ent.add_face pts
entitas1 = ent[1]
NomorID = entitas1.entityID
UI.messagebox "Nomor ID unik dari entitas1 adalah : #{NomorID}"
2. Mengambil data string nama entitas
# Fungsi : merubah entityID menjadi variabel string
# Method : to_s
# Contoh
panjang = 100
lebar = 100
mod = Sketchup.active_model
ent = mod.active_entities
pts = []
pts[0] = [0, 0, 0]
pts[1] = [panjang, 0, 0]
pts[2] = [panjang, lebar, 0]
pts[3] = [0, lebar, 0]
# menambah face pada entitas
face = entities.add_face pts
ent_garis = entities[1].to_s #entitas berupa garis
ent_face = entities[4].to_s #entitas berupa face
UI.messagebox "String garis = #{ent_garis}\n String face = #{ent_face} "
3. Jumlah entitas face
# sumber utama skrip dari http://ruby.sketchup.com/Sketchup/Entity.html
# dimodifikasi oleh https://nceptutorial.blogspot.com
selection = Sketchup.active_model.selection #deklarasi variabel seleksi
jum_face = 0 # variable untuk menyimpan jumlah face
selection.each { |entity|
if entity.is_a? Sketchup::Face
jum_face = jum_face + 1
end
}
if not jum_face == 0
UI.messagebox("Jumlah face yang dipilih : " + jum_face.to_s)
else
UI.messagebox("Tidak ada entitas face yang dipilih.!")
end
# Keterangan:
# entity.is_a? Sketchup::Face => mendeteksi apakah entity yang dipilih berupa face
# Jika berupa face maka variable jum_face ditambah 1
# Terakhir menampilkan info jumlah face.
Koleksi Skrip Ruby API SketchUp - Entitas
Reviewed by NCEP Studio
on
April 06, 2019
Rating:
Tidak ada komentar: