Memutar, menempatkan, memposisikan objek pada koordinat default sketchup memang tidaklah sulit. Tapi bagaimana jika kita ingin menempatkan objek pada garis/bidang yang diagonal & tidak tegak lurus terhadap sumbu utama sketchup? Silahkan ikuti cara singkat & sederhana ini.
1. Buatlah 2 objek seperti di bawah ini. Anggap saja kita akan memposisikan Jure bubungan pada garis diagonal jure atap. Atau objek apa saja terserah anda. Anggap 2 objek tesebut letaknya berjauhan. Kita sebut saja kita sebut Target Objek(TO) yang akan kita tempatkan pada Garis Diagonal (GD)
2. Untuk mempermudah ubah camera menjadi Parallel Projection (Isometri). Hide sementara bagian depan atap. Lalu tempatkan TO pada Target Point. Gunakan snaping midle pada bagian depan TO & snaping EndPoint pada Target Point.
1. Buatlah 2 objek seperti di bawah ini. Anggap saja kita akan memposisikan Jure bubungan pada garis diagonal jure atap. Atau objek apa saja terserah anda. Anggap 2 objek tesebut letaknya berjauhan. Kita sebut saja kita sebut Target Objek(TO) yang akan kita tempatkan pada Garis Diagonal (GD)
2. Untuk mempermudah ubah camera menjadi Parallel Projection (Isometri). Hide sementara bagian depan atap. Lalu tempatkan TO pada Target Point. Gunakan snaping midle pada bagian depan TO & snaping EndPoint pada Target Point.
3. Buatlah Garis Bantu(GB) terserah anda caranya bagaimana. Yang penting GB tersebut sejajar dengan Garis Diagonal (GD) jika di lihat dari atas. Sebenarnya garis objek ini hanya untuk ilustrasi saja. Pada SKP 2013 keatas sudah ada garis otomatis untuk memposisikan, memutar objek.
Rotasikan TO sejajar dengan garis bantu. Perhatikan titik pusat rotasinya
4. Objek setelah dirotasikan. Langkah selanjutnya sebaiknya kita hide dahulu TO untuk mempersiapkan aksis koordinat baru untuk langkah berikutnya.
5. Buat aksis baru dengan acuan Titik awal pembuatan aksis(perhatikan Gambar). Garis Bantu sebagai sumbu X, garis Bantu tegak sebagai sumbu Y.
Jika sudah, Unhide Target Objek(TO) yang akan kita posisikan,
6. Rotasikan Target Objek(TO) dengan acuan aksis koordinat yang baru kita buat. Perhatikan gambar untuk menentukan titik awal rotasi. Sudut awal rotasi pada garis bantu, Sudut akhir rotasi pada titik pertemuan antara Garis bantu lainnya & Garis Diagonal(GD).
7. Selesai. Jika anda ingin memperbanyak/meng-copy objek yang kita posisikan tadi pada garis/bidang diagonal lainnya, anda tinggal gunakan tools Copy Move & Scale Mirror.
Cara diatas merupakan salah satu dari sekian banyak cara, tergantung anda memahaminya dengan cara yang mana.
Contoh:
Langkah awal mungkin Anda buat terlebih dahulu semua garis bantu & aksis, lalu langkah terakhir adalah mem-posisikan, me-rotate & mensejajarkan objek.
Atau anda tidak ingin pusing dengan cara ini. Anda gunakan saja plugin2 yang tersedia, Juga terserah anda...hehehe... Tulisan ini hanya untuk pembelajaran saja bagi saya yang masih pemula dalam menggunakan SketchUp.
Tapi perlu anda ingat, tidak semua proyek gambar dapat diselesaikan dengan sebuah plugin. Perlu inovasi, trikm cara kita untuk menyelesaikannya.
Petunjuk Singkat 3D WareHouse Model Viewer:
Petunjuk lengkapya klik disini
Petunjuk lengkapya klik disini
- Klik untuk meload 3D model. Tunggu sesaat sampai model 3D selesai di load.
- Menu 3D : Klik icon Panah yang ada disisi kanan
- Full Screen 3DView = Klik ikon "Panah Empat" yang ada di pojok kanan bawah.
- Buka/download dari 3D WareHouse : Klik logo ikon "3D WareHouse" yang ada di pojok kiri bawah
Untuk mendapatkan update tutorial, info lainnya melalui:
Facebook silahkan kunjungi & like FanPage kami:
Cara Memposisikan Objek pada Bidang Diagonal - Sketchup Tutorial
Reviewed by NCEP Studio
on
Maret 05, 2018
Rating:
Tidak ada komentar: